Edisi4 Kompetisiblog Jajanan Masa Mudaaa :)

Semua orang bilang kalau masa SMA itu masa yang paling indah. Tapi kalau disangkut pautin sama kuliner tuh yang paling enak masa kecil. Saya tahu kalau kuliner itu berhubungan dengan masakan, bukan jajanan. Tetapi menurut saya jajanan ini termasuk makanan (nah bingung kan?). Jadi saya akan membahas masa kecil ya sekitaran masa TK dan SD deh. Soalnya jaman itu tuh makanan yang dikemas kecil-kecil tetep aja kelihatan besar dan banyak. Coba bandingin waktu kita makan chiki pas jaman SD sama jaman kuliah ini (berlaku  untuk yang sedang kuliah seperti saya yah :p). Kerasa kan perbedaannya. Padahal komposisi ga jauh beda, tapi ya gitu, jaman dulu kelihatannya masih banyaaaaak banget isinya.
Mungkin jajanan yang mau dibahas ini udah ada dari tahun 80-an dan 90-an. Kayak nostalgia banget buat inget-inget dulu tuh suka jajan apa aja. Sayangnya beberapa dari jajanan ini sekarang udah ga ada lagi atau udah ga sama lagi rasanya. 
Oke, langsung aja liat gambar dibawah ini :





www.google.com













 Nah siapa yang ga inget sama anak mas? Bener-bener te-o-pe be-ge-te deh nih snack. Meskipun jaman sekarang masih ada dengan kemasan baru tentunya, Cuma ga seperti dulu rasanya (caelah). Oia, ada banyak snack ciki-cikian gini. Sebut aja Canasta (sorry ga dapet gambarnya), Anak Mamee, Mimi, Chuba, Chiki Balls dan Taro. Wah enak-enak yah, kangen banget nyobain lagi. Dan inget ga kalau chiki balls dulu tuh berhadiah Tazos, ini nih penampakannya :

www.google.com

 Jadi ngincer hadiahnya toh, ya toh? Hehe. Tapi emang enak banget ya beli jajanan ringan begitu. Dulu harganya emang murah, sayangnya uang jajan kita juga rendah (jadi ga kebeli banyak gitu maksudnya). Lihat gambarnya jadi inget lagi kan gimana dulu kita suka jajan itu semua dengan merengek ke ortu atau nabung. Untuk para ibu-ibu dan bapak-bapak mungkin merasa anaknya dulu ngerengek minta dibeliin jajanan itu, hehe..
Terus  yang ga lekang oleh waktu dan disukai segala usia itu gulali. Yuph siapa yang ga tergoda sama gulali? Kecuali yang sakit gigi dan yang ga suka manis yaaa, hehe. Liat fotonya deh :
www.google.com
Ini model gulali kembung yang terkadang suka ditiup abang-abangnya. Kepikiran ga sih (sorry) kalau nafas abangnya tuh bau? Atau inget ga sih yang bentuk burung suka di tester dulu sama abangnya, maksudnya ditiup dulu buat nge-check kalau burungnya bunyi baru deh dikasih kie kita. Nah sekarang setelah baca ini jadi jijik deh (maaf yaaa -_-). 
Tenang, akan saya kembalikan minat Anda, karena saya akan membahas permen. Namanya anak kecil ya, suka banget sama yang namanya permen. Sebut aja permen karet, lolipop atau permen emut -apa coba permen emut-. Berikut ini ada beberapa foto dari permen jaman baheula yang suka kita beli :



permen kelinci






Super zuper

permen cicak/telur cicak
"permen aneka rasa, bermutu tinggi, asyiiikk!!...cocorico, cocorico, gembira.. bersama, cocorico..."

www.google.com
Saya akan membahas sedikit dari permen-permen tersebut. Sebut saja Yosan, dulu pernah ada undian kalau bisa kumpulin hurufnya bakal dapet hadiah. Dan tahukah engkau, huruf yang bisa disusun hanyalah Y,O,S,dan A tanpa N. Karena memang huruf N ini langka sekali. Sebaca saya dari berbagai postingan itu mereka belum ada yang menemukan huruf N. Penasaran ga sih, kalau saya pribadi jelas penasaran (bangeeet!). Kemanakah huruf N tersebut?! Hehe. Kalau jagoan neon, untuk gaya-gayaan deh warnanya. Bikin lidah kita warna-warni. Tapi sejujurnya saya sangat suka Lotte bubble gum. Dulu waktu SD sering banget beli 5 buat dimakan dikelas (hush anak nakal, jangan ditiru yah). Bagaimana dengan kalian, which one do you like? 
Dan permen super zuper, ada satu rasa yang aseeeem banget. Wah jadi inget nano-nao. Itu jaman apa ya masuknya si nano-nano... Hmmmmm,,, Beberapa orang bilang kalau Benson juga enak, tapi ada kurangnya. Permen itu bikin tambalan gigi bisa rusak dan sakit gigi. Jadi hati-hati ya makan Benson tuh.
Beralih ke coklat. Ini juga sangat-sangat-sangat disukai anak-anak (lebay banget nulisnya). Siapa coba yang ga suka cokelat? Saya sama sahabat saya sampai pernah nyeletuk kalau ada orang yang ga suka cokelat, pasti hidupnya ga bahagia deh. Istilah tepatnya kayak kurang menikmati hidup. Gimana engga, cokelat itu rasanya enak dan mengandung zat yang mampu membuat kita lebih nyaman. Ayo intip dulu fotonya :





cokelat payung
cokelat koin

www.google.com

Alasan saya masukin toblerone dan silver queen seperti ini, jadi dulu tuh silver queen tuh mewaaaah banget. Dan toblerone lebih “elit” lagi dari silver queen. Memang ini bukan jajanan anak SD, Cuma kalau ada ortu atau keluarga lagi berbaik hati ngasih cokelat itu ke anak SD, wuiiih dijamin marjimin deh pada doyan. Nah tobleron ini terkenal karena film lupus. Jadi aja marak dibicarain dan dicoba-coba masyarakat (kekuatan promosi yaaa). Kalau permen payung tuh jaman baheula inget banget deh suka nyimpen warna-warni payungnya, hihi. Tapi dicuci dulu kok dirumah. Cuma ya gitu, ketauan papa langsung musnah lah barang-barang itu, haha. Sedangkan suparman, eh superman tuh The Best lah. Banyaaak banget yang suka. Saat ini produksi mayora sih, rasanya udah beda dari yang dulu. Sayang banget yah?
Untuk yang dibawah ini kategori ngacak, tapi rasanya ueeennnaaak tenan. Lihat dulu monggo :
es woody :)
Es mambo

lidi-lidian

bakso kojek
www.google.com
Cilok (www.google.com)
 
Siapa yang ga kenal dengan bakso kojek, lidi-lidian (maaf saya ga tahu nama sebutan aslinya apa), lalu es woody (dulu baru ini yang terkenal), juga temulawak. Jikalau belum kenal, ayo kenalan dulu :p
By The Way  Hayoo ngaku yang dulu suka belagak mabok pas minum temulawak yang nampak diatas sana? Nih minuman sahabat karib sama buyung upik karena ya jamu-jamuan jatohnya. Eh ga asik banget sih bahasanya, maksud saya sejenis lah yaahhh antara temulawak dan buyung upik. Lalu untuk lidi-lidian tuh sampe jaman sekarang pun masih ada loh, cuma anehnya belum ada merk paten darimanakah makanan ini berasal. Kalau bungkusnya sih dari dulu polos dan hanya plastik aja. Entah kemana tulisan badan POM, atau udah terdaftar apa belom. Yang jelas sih rasanya tiada banding dengan makanan lain.
Dari semua jajanan yang saya bahas, mungkin belum mencangkup semua jajanan kalian di masa kecil. Jadi kalau ada yang kurang, dengan senang hati dan tangan terbuka saya tunggu kometarnya. Huaaah, nulis jajanan gini jadi pengen hunting makanan jaman muda deh :p Rasanya kangen banget masa-masa itu. Sekarang jajanan udah bertransformasi jadi yang lebih besar porsinya, banyak pula yang ga sehat, dan udah punah dari peredaran. Kalaupun ada, harga dan rasa belum tentu sama dengan yang dulu (yaiyalah). Tapi berkesan banget yah itu jajanan. Sampai masih kebayang-bayang euy.
Cukup sekian pembahasan dari saya, semoga kedepannya makin baik lagi jajanan Indonesia :)
Sponsored by :


Love each other
with smile @maryaulfah_bude

16 komentar:

  1. haha, jadi teringat masa lalu, tapi dulu juga pernah ngerasain yang namanya rokok boongan, yang isinya cuman bubuk susu, mungkin pernah dengar atau liat juga dulu, sekarang udah susah kayanya. :))

    BalasHapus
  2. haha. . .jadi kangen jajanan masa kecil. . .

    BalasHapus
  3. Iya betul, rokok bohongan juga sering liat dulu :p

    BalasHapus
  4. jetzet,gulali rambut nenek,nyamnyam,coklat koin,cheetos dll favorit saya kok ga ada?

    BalasHapus
  5. aaaah aku juga mau rambut nenek :p
    cokelat koin udah ada Flo , coba liat lagi..
    Kalau jetzet emang blm masuk..

    BalasHapus
  6. tambahin permen stoberry dnk mar yg bungkusnya stobery gmbarnya trus permen roko...eh susu sih dalemnya kalo ga salh hhhh....


    ayo jadi ank2 lg wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. apa yang terjadi? = yang mana tuh? Nanti dicari yah.. Yang roko"an kayanya ada deh aku fotonya, dalemnya serbuk susu toh?

    BalasHapus
  8. jangoan neon best of the best !! jangoan neon pilih warna kesukaan mu !!! wohoooo hijauuuuu.. :D

    BalasHapus
  9. Tiara selalu aja hijauuu :D
    aku ungu aja deh...
    nti kita cari yuuuk jagoan neon'a \(^^)/

    BalasHapus
  10. rokok-rokok-an tu yang kurang.. (yg manis)
    sekarang Mimi udah gak produksi lagi..
    padahal pengen.. :(

    BalasHapus
  11. waktu kecil aku suka makan coklat gitu bentuknya kotak kotak kecil isinya ada permennya nama produknya ichiban hahaha,, terus kalo jajanan sd dulu sih namanya kue leker,, jadi sejenis martabak cuma kulitnya tipis renyah gitu ga tebel hahaha

    BalasHapus
  12. Anis : Iya nih, pengen update yang roko"an :D

    Dea : Haha kue leker, aku bacanya ceker, lagi ngidam sih.. Ichiban ya? Hmm, pernah denger deh..

    BalasHapus
  13. ah, jadi kangen jajanan SD kan..
    suka makan cokelat ayam jago, telor yg kita goreng sendiri di cetakan bulet2 kecil..
    es goyang juga.. udah susah ditemuinnya tuh..
    *ngilerrrrr*

    BalasHapus
  14. hahahahaha ... juara emang makanan sd .

    BalasHapus
  15. jajanan masa kecil yum! jetzet sama chiki balls yang rasa coklat favorit bgt. jangan lupa permen hot hot pop, di sekolah, di tempat les, selalu ngemut itu permen haha! great blog bude, mengibur :)

    BalasHapus
  16. Eh gan Permen Benson nya mane,
    ane inget tuh sam permen Benson
    hadeuuuuh
    berbagi sma temen kanak kanak dulu ....

    BalasHapus