Edisi2 Kompetisiblog Asiknya Ber-Euforia Sea Games


 
Pas denger kata euforia, sempet terlintas dipikiran tuh artinya kesenangan sesaat atau hura-hura semata. Pernah terpikir kalau euforia itu ga bertahan lama, karena biasanya kebahagiaan itu ga bisa terus menerus. Tapi yang sebenernya tuh euforia artinya perasaan akan kebahagiaan besar atau keadaaan yang nyaman. Lalu sekarang topiknya adalah euforia Sea Games 2011 untuk pariwisata Indonesia sebagai tuan rumah. Jadi sekarang kita ngomongin euforia, Sea Games dan dampaknya untuk pariwisata.
Lihat dulu gambar berikut :

from : http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/04/1626555620X310.jpg
Mengesankan banget kan kebanggaan bawa obor Sea Games itu?
Dan asal kita tahu yang mau lihat obor ini tuh banyak banget. Penulis sih baca kalau arak-arakan obor itu udah ke Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Palembang. Nah seperti komentar penulis di atas yang bilang mengesankan membawa obor itu, karena apinya aja special dari api abadi di Mrapen, Jawa Tengah. Kan obornya sebagai pertanda semangat Sea Gamesnya sendiri, jadi dia keliling untuk membakar semangat Indonesia. Dan simbol itulah yang menarik wisatawan untuk dateng. Lucu yah? Tapi itu yang terjadi.
Lihat lagi yang ini :
 
 from : http://kalteng.tribunnews.com/foto/bank/images/Kembang-Api-Sea-Games-di-Palembang.jpg

Ini bukti bahwa Palembang udah bebenah. Jembatannya jadi indah banget ada kembang api yang emang disiapin khusus Sea Games. Sebenernya dengan kembang api itu aja, udah berdampak banget di Jakabaring sana. Meriahnya penonton dari berbagai macam negara dipastikan hadir dalam pembukaan itu. Nah kenapa kembang api? Coba sekarang kita liat bentuk kembang api yang ada difoto atas. Biasa aja bukan? Tapi lihat yang ini =>
from : http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/s720x720/378132_2256026123624_1337485192_32258903_1843271880_n.jpg

Foto itu bahkan udah di cap sama yang bikin. Jadi gini, kembang api itu emang udah si Adrian incer dari sejak dateng ke pembukaan Sea Games. Dia suka bidang fotography dan pengen banget ngabadiin gambar kembang apinya sampai rela terguyur hujan (caelah). Disitu juga dia sempet bilang kalau dia ngeliat beberapa fotografer pro dari beberapa negara. Bahkan disebut-sebut kalau kembang apinya itu paling indah, paling spektakuler dan luar biasa sepanjang penyelenggaraan Sea Games. Belum tentu moment kaya gitu terulang lagi, makanya foto bisa mengabadikan dalam sebuah frame indah. Oleh sebab itulah para fotografer datang. Dan tentunya kalau mereka dari luar pulau, ga akan cuma sekedar foto-foto aja kan. Seenganya ada acara jalan-jalan, blanja-blanji (shoping maksudnya), atau makan-makan. Nah secara otomatis pariwisata Indonesi ter-eksplore meski jangkauan si fotografer itu (barangkali) Cuma sekedar Jakarta-Palembang aja.
Yang berikutnya monggo dilihat dibawah ini :

from : http://img.antaranews.com/new/2011/11/small/20111116estafet.jpg

Para atlet yang seneng banget ngebawa Indonesia untuk menang. Tapi bukan itu yang mau dibahas. Pemerintah sadar betul bahwa promosi pariwisata itu sangat tepat dengan moment Sea Games. Soalnya pariwisata dan olahraga itu saling melengkapi satu sama lain. Maka dari itu pemerintah menyediakan paket tour gratis untuk para atlet yakni tour Palembang City dan empat paket wisata Jakarta. Terus kalau officialnya ikutan tour itu (bayar sendiri-sendiri tapi), kan lumayan untuk dongkrak pariwisata. Lagipula pilihan tempat yang dipilih sama pemerintah juga keren-keren. Mudah-mudahan aja mereka jadi repeater wisman (Wisatawan Mancanegara) untuk Indonesia. Belum lagi para pendukung dari masing-masing negara yang dapat dipastikan ikut memeriahkan Sea Games tersebut.
Selain itu untuk membantu memeriahkan acara Sea Games tersebut, ada sejumlah event pendukung yang disediakan pemerintah. Salah satunya yaitu Sriwijaya Internatinal Expo pada tanggal 12-20 November 2011 dan Pekan Seni Budaya & Film 2011 di Palembang pada 11-13 November 2011. Acara tersebut bertujuan untuk meng-exsplore potensi daerah serta menarik jumlah kunjungan pariwisata seiring dengan pelaksanaan Sea Games. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, SEA Games harus sukses, demikian juga dengan pengembangan budaya, seni, dan film. Selain itu yang namanya kebudayaan lokal alangkah baiknya kita lestarikan karena itu adalah harta karun berharga yang tak ternilai harganya.
Cuma nih yah, Indonesia emang sudah berbenah diri agar terlihat menarik serta cantik. Diharapkan banget sih warga negaranya ikut men-support dan mendukung penuh Indonesia. Yang pada suka buang-buang sampah sembarangan tuh, mulai sekarang mbok ya dikurangin bahkan dihilangkan. Tempat sampah pasti udah disediain kok. Kalau belum ada, ya bisa lah ya dikantongin dulu sampe nemu tempatnya. Terus buat yang suka ugal-ugalan ga menerima kekalahan, lebih baik dari sekarang belajar berlapang dada. Dan buat yang belum berbenah, ayo dong tingkatin keindahan dan kenyamanan lingkungan sekitar kita. Ga ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan, yang ada hanya penyesalan kalau kita ga sempet melakukan. Ditambah lagi kita lakuin semua itu, sektor pariwisata kita dapat ditingkatkan dengan sempurna. 
Semoga Indonesia semakin maju sektor pariwisatanya, Amiiin :)

Supported by :



10 komentar:

  1. tp sayang bnyak yg protes dan kecewa katanya persiapannya standart lokal pdhl acara internasional...

    BalasHapus
  2. pengennya sih perasaan semangatnya gak langsung padam kayak api abadi di Mrapen, Jawa Tengah itu oia kesejahteraan para atlet juga yang telah menyumbang banyak emas juga harus diamankan tuh jangan habis manis sepah dibuang. hehehehe

    jaya terus Indonesia

    BalasHapus
  3. Anonymous : Iya harusnya Indonesia nerapin skala internasional buat nyiapin segala event Sea Gamesnya :) Tapi tetep dukung Indonesia..

    Shining rainbow : Betul, semoga semangatnya abadi yah :)
    Hmm, emang sayang banget buat para atlet yg kya gitu, masih belum ada jaminan utk masa pensiunnnya. Semoga ada pihak berwenang yg baca dan langsung bikin jaminannya, hehe

    BalasHapus
  4. Awesome !
    Kesempatan terbesar buat Indonesia untuk maju dan berkembang untuk segala aspek dari ajang sea games 2011 ini. Biasakan untuk mengekspose hal-hal positif dari bangsa kita dan mengevaluasi kekurangan yang ada. Terus dukung Indonesia baik doa maupun moril.

    BalasHapus
  5. dengan adanya event2 olahraga kaya' gini,, masyarakat Indonesia baru bisa keliatan lebih bersatunya,, ngedukung atlet2 yang lagi berjuang buat menangin cabang2 olahraga di sana..
    sering2 aja ada event olahraga kaya' begini.. :D
    pariwisata Indonesia juga bisa lebih dikenal sama dunia.. jadi wisatawan asing nggak cuma tahu Bali (yang ada juga beberapa wisatawan yang bilang Bali dan Indonesia itu misah)..
    dan semoga semangat persatuan Indonesia nggak bakal padam,, kaya Mrapen..
    Indonesia bisa!!
    :D

    BalasHapus
  6. Walaupun persiapannya terkesan tidak siap, tapi menurut saya memang tidak siap, itu karena ditunggangi oleh oknum2 yg ingin mengeruk keuntungan dari event ini, akan tetapi kita harus bangga dengan atlet2 Indonesia yang telah memberikan emas pada Indonesia, dan bisa diprediksi bahwa Indonesia lah yang akan menjadi juara umum dalam Sea Games 2011 ini

    BalasHapus
  7. Iya, segala kekurangan yang ada emang seharusnya bisa diminimalisir lagi. Semoga aja makin baik Inndonesia kedepannya. DAn hasil Sea GAmes bukan cm kemenangan aja, tapi juga reperater turis yang dateng ke Indonesia. Karena Indonesia itu begitu beragamnya dan begitu kaya alamnya :D

    BalasHapus
  8. Banyak hal yang kita bisa banggakan dengan bangsa ini di tengah carut-marut negara republik indonesia yang tengah terguncang akibat bebasnya tahanan korupsi , disini indonesia bisa menunjukan kebanggaan dari sisi positif di bidang olahraga dan pariwisata sampai saat ini indonesia memimpin dari perolehan medali , tapi jangan terpaku pada itu semua , bisa di tanyakan / di cari tau betapa exited wisatawan dan atlet luar negeri merasakan keramah tamahan warga indonesia , di blog yang di buat oleh marya ulfah arrossi ini saya pribadi sangat bangga karena membahas sisi lain dari sea games, karena saya bosan apabila melihat di media pembahasannya hanya kemenangan tanpa membahas sisi lain dari sea games, saya suka ketika marya membahas tentang kembang api yang ada disana karena kita bisa berbangga , kembang api ini yang terbaik selama sea games pernah dilaksanakan . pemikiran yang keren dari marya , GREAT .

    BalasHapus
  9. Banyak hal yang kita bisa banggakan dengan bangsa ini di tengah carut-marut negara republik indonesia yang tengah terguncang akibat bebasnya tahanan korupsi , disini indonesia bisa menunjukan kebanggaan dari sisi positif di bidang olahraga dan pariwisata sampai saat ini indonesia memimpin dari perolehan medali , tapi jangan terpaku pada itu semua , bisa di tanyakan / di cari tau betapa exited wisatawan dan atlet luar negeri merasakan keramah tamahan warga indonesia , di blog yang di buat oleh marya ulfah arrossi ini saya pribadi sangat bangga karena membahas sisi lain dari sea games, karena saya bosan apabila melihat di media pembahasannya hanya kemenangan tanpa membahas sisi lain dari sea games, saya suka ketika marya membahas tentang kembang api yang ada disana karena kita bisa berbangga , kembang api ini yang terbaik selama sea games pernah dilaksanakan . pemikiran yang keren dari marya , GREAT .

    BalasHapus