Microsoft Licensing : Cara mudah menghitung User CAL atau Device CAL

Hai, sudah lama juga aku ga post disini. 
Karena kebetulan kesibukanku adalah berkutat dengan license software dan karena aku kerja dengan Microsoft, maka kali ini pembahasannya adalah mengenai CAL.


Server digunakan untuk menyediakan piranti lunak di dalam jaringan untuk berbagai kebutuhan tertentu misalnya untuk keperluan file dan print sharing. Agar Anda memperoleh hak penggunaan atas piranti lunak yang terdapat di dalam server tersebut secara resmi, maka Anda membutuhkan lisensi yang disebut dengan Client Access License atau CAL. CAL bukan merupakan nama sebuah piranti lunak melainkan suatu lisensi yang memberikan hak bagi seorang pemakai untuk mengakses piranti lunak yang terdapat di dalam Server.

CAL ini biasanya terbagi dua yaitu User CAL dan Device CAL. Terkadang customer bingung dengan perbedaan keduanya, karena selintas tampak sama. Dan terkadang customer juga salah membeli CAL karena tidak terlalu paham fungsi keduanya.

Dengan membeli User CAL, maka perusahaan membeli CAL untuk setiap user yang akan akses ke server untuk menggunakan servicenya seperti file storage atau print, tidak tergantung dengan jumlah device yang mereka gunakan untuk mengaksesnya. Pembelian User CAL ini cocok untuk perusahaan yang memiliki user dengan kebutuhan roaming access ke network perusahaan menggunakan multiple device, atau dari unknown device, atau memiliki banyak device di perusahaan.

Sedangkan dengan membeli Device CAL, maka perusahaan membeli CAL untuk setiap device yang akses ke server, tidak tergantung dengan jumlah user yang menggunakan device tersebut. Device CAL akan lebih ekonomis jika user di perusahaan itu kerja dengan sharing device, untuk contohnya adalah karyawan yang kerja shift. Karena devicenya mereka gunakan bersama, sehingga pembelian CAL lebih tepat jika memakai Device CAL.

Atau jika penjelasan ini kurang lengkap, ada pembahasannya di Client Access Licenses and Management Licenses
Dan untuk perhitungan license yang tepat untuk perusahaan, kita bisa menggunakan CAL Decision Tool 
Dalam link tersebut, kita hanya perlu mengisi jumlah user di perusahaan dan memasukan jenis license yang saat ini digunakan di perusahaan. Bahkan jika kita tidak tahu jenisnya, di akhir result akan disimpulkan jenis CAL mana yang sesuai dengan kriteria perusahaan kita.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Selamat akhir pekan! :) 

11 komentar:

  1. terima kasih
    infonya sangat membantu

    BalasHapus
  2. Halo
    saya ingin beli Windows Server standart 2012 berikut dengan SQL server 2014 untuk aplikasi perkantoran.
    ada ± 26 user yang akan akses ke aplikasi di PC nya masing-masing yang terhubung ke SQL server & Windows server.
    jika saya pakai CAL decission Tool maka rekomendasinya USER CAL
    bagaimana dengan SQL Server Standard Core?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pak Ardian,
      Mengenai SQL-nya, karena Bapak mau beli SQL Standar Core maka tidak memerlukan pembelian CAL lagi. Karena SQL core based itu unlimited CAL. Untuk lebih lengkapnya bisa tanyakan partner Bapak :)

      Hapus
  3. Hello Mba Merry

    Maaf numpang tanya saya buta sama sekali tentang license microsoft. yang jadi pertanyaan saya adalah :

    1. Saya memakai windows server 2007 di kantor hanya untuk keperluan file sharing dan print server. dan memepunyai 15 karyawan. apakah saya perlu untuk membeli license cals.?

    2. jikalau saya membeli license user device apakah nanti ada karyawan resign bisa di pakai kembali lincese cals yang sebelumnya.?

    3. bisa kah mba mery info bisa di beli di manakan license Cals atau windows server original di jakarta

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak Dwi,

      Boleh pak :)

      1. Iya, perlu 15 Windows Server User CAL. Jika bapak melakukan pembelian sekarang, maka dapatnya versi 2012. Dan itu legal

      2. Jika device CAL, itu melekat pada mesin. Tidak mengapa jika karyawan resign dan diganti orang baru. Karena CAL itu tidak diinstal Pak

      3. Untuk pembelian CAL bisa ke vendor Microsoft. Setahu saya ada beberapa gold partner yang bisa bapak kontak. Kalau info saya kurang, bisa drop email ke maryaulfah.a@gmail.com

      Hapus
    2. Dear Mba Mery

      Terimakasih sekali penjalasaanya, sangat membantu sekali. mau tanya lagi boleh ya mba :)

      1. Di kantor saya ada beberapa yang memakai remote dekstop connection (NComputing) ke windows server. apakah itu juga di kenakan CAL license juga seperti pc mba.?

      2. Jika saya membeli Per Core License windows server, apakah saya tidak perlu membeli CAL license tambahan mba.? seperti keterangan di bawah ini.

      " Per Core licensing

      Under the Per Core model, when the server software is running in the physical OSE, you must license all physical cores on the server. To determine the number of core licenses you need, count the total number of physical cores for each processor on the server, and then multiply that number by the appropriate core factor. You do not need to purchase additional CALs. "

      Terima Kasih.

      Hapus
  4. Halo Pak Dwi,

    Mungkin sebaiknya contact vendor Pak,
    saya ada kenalan Ibu Ebby dari Mitrasoft. Beliau bisa bawakan juga presentasi mengenai licensing ini :)
    contact saja ke novia@mitrasoft.co.id atau 021 6326533

    setahu saya untuk CAL meskipun dari NComputing tetap menggunakan CAL yaitu Remote Dekstop CAL.
    Sedangkan per core licensing setahu saya baru berlaku untuk product SQL

    terimakasih :)

    BalasHapus
  5. Mba Merry, sy mau tanya tentang CAL ini, kantor sy punya lisensi SQL server studio 2012 yang terinstal di server 2012 untuk keperluan APlikasi SAP, rencana kita mau beli lisensi untuk servernya, apakah sy jg harus punya CAL ataukah sudah free CAL bawaan sql server? terima kasih

    BalasHapus
  6. Mba Mery, saya memakai windows server 2003 dan mendapat sepuluh cal. sedangkan perangkat yang tersambung adalah 15 unit. Kami diminta menambah 5 cal lagi oleh staff dari Microsoft internasional.
    lalu kami memutuskan mengganti Os server menjadi Linux.

    Apakah kekurangan cal saat memakai windows server itu akan tetap ditagih walau sekarang kami memakai system linux.

    Dan siapakah yang berwenang menghubungi client. Microsoft Indonesia atau Microsoft Internasional.

    Mohon informasinya agar kami tidak salah paham.

    BalasHapus
  7. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus